Selasa, 21 Februari 2017

0

Hari Peduli Sampah


Tahukah kamu? 

Tanggal 21 Februari diperingati sebagai Hari Peduli Sampah Nasional untuk mengingat tragedi longsornya tumpukan sampah di TPA Leuwigajah, Jawa Barat yang terjadi pada tanggal 21 Februari 2005 silam. Peristiwa ini menunjukkan bahwa sampah dapat menjadi mesin pembunuh yang merenggut nyawa lebih dari 100 jiwa. Permasalahan sampah memang tidak bisa dianggap sepele. Sebuah penelitian yang diterbitkan di www.sciencemag.org Februari tahun 2015 menyebutkan, Indonesia berada di peringkat kedua sebagai penyumbang sampah plastik ke laut terbesar di dunia setelah Tiongkok, disusul Filipina, Vietnam, dan Sri Lanka. Padahal, angka pendaurulangan sampah di Indonesia termasuk rendah, yakni di bawah 50%.

Melalui peringatan Hari Peduli Sampah Nasional ini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengajak masyarakat untuk meningkatkan kepedulian akan pentingnya prinsip 3R (reduce, reuse dan recycle) dalam pengelolaan sampah. Di tahun ini, Pemerintah mencanangkan program Kerja Bakti Nasional bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional sebagai suatu langkah untuk mewujudkan Indonesia bebas sampah di tahun 2020. Selain melalui Kerja Bakti Nasional, Pemerintah juga mencanangkan program Bank Sampah. Jumlah kota yang mengembangkan Bank Sampah meningkat dari 22 kota menjadi 41 kota pada tahun 2012. Jumlah unit Bank Sampah juga bertambah dari 471 menjadi 585 unit, meningkat sekitar 24 persen. Meski dianggap kecil, gerakan ini sudah menjadi landasan untuk melawan sampah. Gerakan ini juga membuka peluang menjadikan masalah sampah lebih ekonomis, ramah lingkungan, dan berkelanjutan secara sosial.

Jangan sampai slogan "dilarang membuang sampah sembarangan" hanya menjadi kalimat tumpul yang gagal menggugah kesadaran masyarakat akan bahaya sampah.
Jadi, masih mau membuang sampah sembarangan?

Ayo lawan sampah! Aku, kamu, kita bisa!

0 komentar: