Minggu, 20 Maret 2016

0

Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Brawijaya



Kami mengundang lulusan SMA untuk dididik menjadi seorang sarjana teknik lingkungan yang tangguh dalam memperbaiki dan mencegah kerusakan ligkungan serta mumpuni dalam merencanakan pemanfaatan sumberdaya alam berkelanjutan dan melestarikannya. (Info lengkap ada di tlub.tp.ub.id)

SELAYANG PANDANG

Penyebab timbulnya permasalahan lingkungan hidup dan sumber daya alam ialah pada semua sendi kehidupan dan adanya kesulitan dalam pemahaman struktur pemikiran sistemik dalam kontek fenomena dinamika lingkungan hidup, sebagaimana yang terjadi dalam satu perilaku ekosistem. Penanganan masalah sumber daya alam, ekosistem dan lingkungan ini tidak dapat hanya pada aras penanganan setelah terjadi kerusakan (tindakan kuratif), tetapi harus senantiasa disertakan pada aras perencanaan pengelolaan sumber daya alam (kajian lingkungan strategis). Dan lebih penting lagi, adanya penanganan pada aras kesadaran lingkungan (enviromental awareness). Oleh karena itu pendidikan menjadi penting dan strategis untuk dapat menjawab permasalah yang dihadapi dalam ketiga aras tersebut.
Program Studi Sarjana Teknik Lingkungan ialah lembaga pendidikan sarjana (S1) jalur akademik di Jurusan Keteknikan Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya, yang ikut berperan meningkatkan jumlah dan mutu sumber daya manusia yang mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang ilmu teknik sumber daya alam dan lingkungan. Dengan mengikuti program studi ini akan menjadi seorang Sarjana Teknik Sumber Daya Alam dan Lingkungan yang memiliki kompetensi :
1. Mampu bersikap sebagai manusia agamis yang berbudi luhur dan berfikir rasional ilmiah serta berekspresi sesuai ilmu yang dikuasai dalam pergaulan internasional.
2. Mampu melakukan survei potensi dan asesmen lingkungan untuk pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya alam baik biotik maupun abiotik,
3. Mampu melakukan perencanaan melalui tahap mengidentifikasi, menganalisis, mengevaluasi dan desain pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.
4. Mampu merancangbangun unit pengolahan limbah dan penyediaan air bersih.
5. Mampu menginterpretasi dan memprediksi kerusakan lingkungan dan bencana serta mampu merumuskan konsep solusi pencegahan, usaha perbaikan dan manajemen serta penanggulangannya.
6. Mampu mengkritisi (bersikap tanggap dan peka) kebijakan pemerintah dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan yang bertentangan dengan pembangunan berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.
7. Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkaitan dengan bidang Teknik Sumber Daya Alam dan Lingkungan.
8. Menguasai dasar-dasar kewirausahaan, standarisasi dan manajemen mutu.

Oleh Bapak Dr. Ir. Alexander Tunggul Sutan Haji, MT selaku dosen Teknik Lingkungan Universitas Brawijaya.

0 komentar: