Minggu, 10 Desember 2017

0

Kajian Hari Pohon Sedunia

Di Indonesia terdapat beberapa jenis hujan, diantaranya adalah hutan produksi, hutan wisata, hutan lindung dan hutan suaka margasatwa. Hutan suaka margasatwa terdiri menjadi 2 bagian, yaitu cagar alam dan hutan fauna.

Hutan Indonesia tidak terlepas dari kerusakan yang disebabkan oleh manusia, baik secara langsung maupun tidak langsung. Contoh tidak langsung adalah penggunaan kertas berlebihan dan contoh langsungnya adalah penebangan ilegal. Yang berperan langsung dalam pengrusakan hutan ini adalah para penduduk desa di sekitar hutan yang menebang pohon secara ilegal. Namun hal itu disebabkan karena tingginya permintaan dari masyarakat perkotaan.

Pemerintah sudah lama memberikan sanksi maupun kebijakan dalam upaya untuk melindungi hutan, namun pelaksanaan tergantung pada pengawasan dan kesadaran masyarakat itu sendiri. Salah satu dari kebijakan pemerintah Indonesia adalah dengan memberlakukan carbon tax yang bertujuan untuk mengurangi emisi karbon. Untuk mengatasi masalah kerusakan hutan diperlukan kerjasama dari berbagai pihak. Seperti kerjasama antara pemerintah dengan masyarakat, dimana pemerintah selaku pembuat kebijakan dan pengawas dan masyarakat sebagai pelaksana dari kebijakan tersebut.

Selain itu juga ada hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga keberlangsungan hutan yaitu dengan mengurangi penggunaan barang dari kayu. Tetapi unutk mencegah dampak lainnya seperti pengguaan plastik yang limbahnya sulit diurai, maka dalam pemakaiannya barang dijaga agar tetap awet dan tidak cepat rusak.


Sumber: Departemen Riset dan Teknologi KMTL FTP UB

0 komentar: